Timnas Basket 3X3 U-18 Belum Menang di Kejuaraan Dunia

0
Ilustrasi Basket 3x3.(Foto:Dok/Net)

RILITAS.COM, Jakarta – Tim nasional bola basket tiga lawan tiga atau 3X3 U-18 putra Indonesia belum mencatatkan kemenangan di Kejuaraan Dunia 3X3 U-18 FIBA di Chengdu, Cina. Pada hari pertama turnamen, Rabu (28/6), timnas mengalami kekalahan dua kali.

Disaksikan melalui siaran langsung Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), di Jakarta, Rabu, tim Indonesia yang berada di Grup D dan dilatih Rony Gunawan takluk dari Belgia dengan skor 11-18 dan Uganda 18-20.

Rony, dihubungi dari Jakarta usai pertandingan, memaklumi dua kekalahan tersebut. Menurut pria yang ketika aktif sebagai pebola basket membela Satria Muda ini timnya memang kurang persiapan menghadapi kejuaraan dunia.

“Persiapan kami pas-pasan. Sulit mencari lawan tanding di Indonesia, apalagi di masa-masa itu bertepatan dengan bulan puasa,” kata Rony.

Alhasil, sebelum bertolak ke Cina, timnas 3X3 U-18 Indonesia yang diperkuat Muhammad Arighi, Ronald Firdaus, Komang Arya Partha dan Nickson Damara hanya sekali melakukan latih tanding.

Sementara itu, dua kekalahan membuat langkah Indonesia cukup berat untuk dapat lolos dari Grup D dan menuju perempat final. Berikutnya dalam lanjutan laga Grup D, Jumat (30/6), Indonesia akan berhadapan dengan Yordania sekitar pukul 12.45 WIB dan Rumania sekitar pukul 14.15 WIB.

Seluruh pertandingan ditayangkan secara langsung secara daring di laman resmi FIBA, termasuk dari akun FIBA di media sosial berbasis videoYoutube.

Kejuaraan dunia 3×3 U-18 2017 FIBA yang digelar pada 28 Juni-2 Juli 2017 diikuti 20 negara dan Indonesia berada di Grup D bersama Rumania, Belgia, Yordania dan Uganda. Yang berhak lolos ke babak berikutnya atau delapan besar adalah dua tim terbaik dari Grup A sampai Grup D.

Sebelumnya di Kejuaraan Dunia 3X3 2017 pada pertengahan Juni 2017 yang digelar di Nantes, Prancis, timnas 3X3 putra Indonesia gagal lolos dari babak grup setelah mencatatkan satu kemenangan (atas Selandia Baru) dan tiga kekalahan (dari Amerika Serikat, Belanda dan Korea Selatan).

Terkait agenda timnas 3X3 selanjutnya, timnas 3X3 putra dan putri Indonesia dijadwalkan beekompetisi dalam Pesta Olahraga Indoor dan Bela Diri Asia di Ashgabat, Turkmenistan yang digelar pada 17-27 September 2017. (Rol)

LEAVE A REPLY