Program Pesisir Mengajar Tambah 2 Lokasi Baru

0
Relawan Pesisir Mengajar. (Foto: Istimewa)

RILITAS.COM, Tangerang – Program Pesisir Mengajar yang dibentuk Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Tangerang menambah lokasi pengabdiannya yakni di Desa Ketapang Kecamatan Mauk dan Desa Keronjo Kecamatan Keronjo, Kabupaten Tangerang.

Pesisir mengajar merupakan kegiatan mengajar yang dilakukan para relawan binaan DKP Kabupaten Tangerang yang terfokus dalam bidang pendidikan, memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai ekosistem pesisir serta bagaimana cara mewaratnya.

“Alhamdulillah kami diamanahi oleh Bapak Bupati Kabupaten Tangerang untuk terus melanjutkan dan meningkatkan program ini. Kami melakukan pemberdayaan pada level yang lebih dini, yaitu masyarakat pesisir yang berpendidikan sekolah dasar. Target kami di 25 desa pesisir, 8 kecamatan Kabupaten Tangerang yang ada di wilayah Pantura. Kita menyasar ke anak sekolah dasar kelas 5 untuk diberikan pemahaman,” ujar Penanggung Jawab Progam, Heri Mahardika, Jum’at (28/7/2017).

Saat ini, lanjut Heri, program pesisir mengejar sudah berjalan di Desa Patra Manggala, Kecamatan Kemiri. Dirinya berharap anak-anak pesisir dapat meningkatkan motivasi belajar, serta memahami bagaimana hidup secara positif di wilayah pesisir.

“Program ini terjemahan dari visi Kabupaten Tangerang yakni membentuk masyarakat makmur, cerdas, religius, dan berwawasan lingkungan. Para relawan kami bekali dengan ilmu pengetahuan, wawasan lingkungan serta penguatan nilai-nilai religius,” jelasnya.

Program yang dilaksanakan pada tahun 2016 ini pada awalnya memiliki 20 relawan. Hingga saat ini jumlah relawan sebanyak 60 orang yang berasal dari pemuda-pemudi Kabupaten Tangerang.

“Jumlah relawan saat ini sudah 60 orang, sementara masyarakat yang sudah kami bina sebanyak 100 orang. Mudah-mudahan dengan program ini bisa meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan serta bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat,” katanya. (*/man)

 

LEAVE A REPLY