India Jadi Pasar Smartphone Terbesar Kedua di Dunia

0

RILITAS.COM, Iptek – Tingginya minat masyarakat India untuk memiliki smartphone membuat negara tersebut merangkak naik menjadi pasar smartphone terbesar kedua sedunia.

Peringkat ini sebelumnya ditempati oleh Amerika Serikat, sebagai salah satu negara adidaya di dunia. Hal ini dapat terjadi berkat dua merek smartphone, yakni Samsung dan Xiaomi.

Kabarnya, kedua vendor tersebut mengirimkan hampir setengah pengiriman global mereka ke negara Bollywood tersebut.

IndiaSeperti yang dapat dilihat dari gambar tersebut, Samsung dan Xiaomi berhasil mendominasi pasar di India. Sedangkan tiga vendor asal Tiongkok lain, yakni Vivo, Oppo, serta Lenovo mengekor di belakangnya.

Hasil riset yang dilakukan oleh firma Canalys ini juga menyebutkan bahwa Samsung dan Xiaomi dikabarkan telah mengirimkan 18.6 juta perangkat ke India. Bukan hitungan satu tahun terakhir, namun jumlah ini merupakan jumlah pengiriman di kuartal ketiga 2017 saja.

Yang lebih mengejutkan lagi, bahwa bukan smartphone murah yang mendominasi penjualan di India. Melainkan smartphone kelas menengah dan high-end lah yang mendominasi penjualan.

“Pertumbuhan Xiaomi adalah contoh nyata bagaimana merek online dapat sukses dan secara efektif memasuki pasar offline sambil mempertahankan biaya overhead yang rendah,” ujar analis Canalys Rushabh Doshi.

Salah satu penyebab hal ini dapat terjadi dikarenakan perekonomian India kini mulai membaik. Banyak pihak yang melakukan investasi di India sehingga para warganya mendapatkan banyak lapangan pekerjaan. (nc/hbs/tel)

LEAVE A REPLY