Pantai Cihara, Pesona Pantai Selatan Banten

0
Pemandangan batu karang di Pantai Pasir Putih Cihara, Kabupaten Lebak, Banten
Pemandangan batu karang di Pantai Pasir Putih Cihara, Kabupaten Lebak, Banten. (Foto: Dok/Indonesia Kaya)

RILITAS.COM, Lebak – Pantai Cihara, salah satu wisata unggulan di Kabupaten Lebak, Banten. Penduduk setempat menyebut pantai ini dengan nama Pantai Pasput sebagai kependekan dari Pasir Putih.

Pesona pantai selatan Banten tidak ada habisnya. Pantai yang terletak diantara deretan jalur Pantai Bayah ini patut dikunjungi. Pantai Cihara memiliki pasir berwarna putih yang dihiasi dengan hamparan karang.

Pada sisi kanan pantai, hempasan ombak besar khas Laut Selatan Jawa yang berbenturan dengan karang dan batu cadas menjadi daya pikat. Terkadang dapat menyaksikan percikan ombak yang melambung tinggi hingga mencapai 3 meter.

Berbeda dengan bagian kanan, sisi kiri Pantai Pasir Putih dihiasi dengan hamparan pasir yang bewarna putih kecoklatan. Di area ini menjadi tempat yang pas untuk bermain-main dengan ombak dan air laut. Walaupun terdapat karang-karang disekitarnya, namun hempasan ombak di bagian kiri pantai tidak berbahaya untuk para pengunjung.

Walaupun belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, soal kebersihan dan kenyamanan, pantai ini sangat terjaga dan terawat. Hal ini dikarenakan kesadaran masyarakat sekitar yang selalu menjaga kelestarian alam yang ditawarkan Pantai Pasir Putih.

Sumber: sportourism

LEAVE A REPLY