Mundur dari Timnas Jerman, Ozil Disebut Pengecut

0

RILITAS.COM, Olahraga – Mesut Ozil dipanggil pengecut oleh Fredi Bobic setelah sang playmaker menyatakan mundur dari timnas Jerman.

Sebelumya, Ozil menyatakan mundur dari timnas Jerman sebab ia mendapat perlakuan tak mengenakkan dari fans. Bahkan ia juga mendapat perlakuan rasis dari Presiden DFB.

Ozil sebelumnya sempat mendapat banyak teror. Perlakuan tak mengenakkan itu terjadi setelah ia berfoto bareng Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Perlakuan itu memburuk setelah timnas Jerman menuai hasil buruk di fase grup dan harus pulang lebih awal. Ia pun jadi kambing hitam atas hasil tersebut.

Pengunduran diri pemain Arsenal itu, melalui surat terbuka, menuai pro dan kontrak. Banyak yang mendukung dan banyak pula yang mengecam.

Bobic termasuk yang kontra. Pria yang menjabat sebagai Sporting Director Eintracht Frankfurt ini menyebut Ozil sebagai pengecut.
“Saya pikir itu sedikit pengecut,” katanya kepada Bild am Sonntag.

“Kritik Ozil terhadap media sosial, terutama kepada Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB), tidak tertahankan,” sambungnya.

“Tuduhan selimut rasisme ini tidak sesuai dengan kenyataan. Ia bisa saja memberikan wawancara di suatu tempat, langsung di TV. Bagi kami, para pemain sepakbola, aturannya adalah ‘jadilah seorang pria dan berdiri.'”

Bobic lantas menambahkan bahwa Ozil sebelumnya telah membuat kesalahan fatal saat berfoto bareng Erdogan. Menurutnya, Ozil harusnya tahu hal itu kurang tepat dilakukan, apalagi ia pemain yang sudah dewasa dan bukan remaja lagi.

“Saya akan membiarkan itu untuk pemain yang berusia 18 atau 19 tahun, tetapi seorang pemain yang telah berkecimpung dalam sepakbola begitu lama, 29 tahun dan juara dunia, perlu tahu seperti apa bentuknya,” ketusnya.

“Jika ia tidak tahu itu, maka ia benar-benar naif – saya tidak bisa membayangkan itu – atau itu sudah diperhitungkan dan ia ingin bersikap provokatif, atau kalau tidak ia terasingkan, tentu saja, saya memahami dua hati yang berdetak di dadanya Namun, Anda harus tahu bahwa Anda memiliki tanggung jawab yang besar,” terangnya.

Sebelumnya, Erdogan sendiri sempat melontarkan dukungannya pada Ozil.

“Pernyataan ini oleh Ozil dan sikap yang diambilnya benar-benar nasional dan pribumi. Ini jauh di luar semua apresiasi,” ucapnya seperti dilansir Goal International.

“Saya mengucapkan selamat kepadanya, karena pendekatan rasis seperti itu karena agamanya terhadap seorang pemuda yang memberikan segalanya untuk tim nasional Jerman, memberikan kontribusi untuk keberhasilannya, benar-benar tidak dapat diterima,” ketus Erdogan. (bola)

LEAVE A REPLY