Jelang Pilgub Banten, KTP Dimanfaatkan Dukungan Salah Satu Cagub

0
Ilustrasi. (Foto: Dok/Net)

RILITAS.Com, SerangKomisi Pemilihan Umum (KPU) Banten mulai menemukan berbagai temuan pelanggaran yang dilakukan pasangan calon gubernur (tim sukses calon gubernur dan wakil gubernur Banten). Salah satunya dengan  adanya KTP dukungan suara yang saat disensus ternyata sang pemilik KTP tidak merasa memberikan dukungan.

Kepala Divisi (Kadiv) Sosialisasi KPU Banten Enan Nandia mengaku mendapatkan laporan sementara, jika kasus ini sudah ditemukan di wilayah Tanggerang dan Serang. Anehnya, profesi kedua orang ini sama yaitu mekanik.

“Namun, kasus ini tidak diperpanjang karena saat diberikan pilihan untuk mengisi formulir berkeberatan, kedua orang ini ternyata lebih memilih calon bersangkutan, meskipun sebelumnya tanpa ada persetujuan,”

Meskipun demikian, ia mempersilahkan yang bersangkutan untuk melapor ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) jika memang berkeberatan.

Sementara Kapolda Banten Brigadir Jenderal Polisi Ahmad Dofiri menambahkan jika kasus pemalsuan data faktul ini bisa dilaporkan secara pidana, meskipun sudah ada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang ikut meminta keterangan.

Karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk jeli dan jika memang merasa dirugikan maka aktif melaporkannya ke Panwaslu atau pihak kepolisian.

“Saat ini KPU memang sedang mengagendakan verifikasi factual terhadap dukungan suara yang disetorkan oleh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten, Yayan Sofianratu-Enong Mandala, dan pasangan Achmad Dimiyati Natakusumah –Yemmelia,” ujarnya.

Rencananya, kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 24 agustus ini akan berakhir tanggal 6 September mendatang. (Henny)

LEAVE A REPLY