Gunung Legendaris Paling Panas di Dunia

0
Flaming Mountain
Flaming Mountain

RILITAS.COM, Iptek – Flaming Mountain atau Gaochang Mountain terletak di Pegunungan Tian Shan, Xinjiang, Cina dan seperti namanya gunung ini benar-benar sangat panas. Pada tahun 2008, satelit NASA mencatatkan salah satu temperatur terpanas di dunia, yakni 80 derajat Celsius dan itu adalah di Flaming Mountain.

qunid5aBerdasarkan novel klasik ‘Perjalanan ke Barat’ atau ‘Kera Sakti’, gunung ini pada awalnya memang sangatlah panas dan dapat membakar apapun namun ditenangkan melalui kipas raksasa yang dipinjam Kera Sakti. Dalam legenda lainnya, disebutkan bahwa ada seekor naga yang tinggal di pegunungan Tian Shan dan suka memakan anak kecil, oleh karena itu seorang pahlawan mengalahkan si Naga dan memotongnya menjadi 8 bagian. Darah si naga berubah menjadi Gunung kemerahan dan 8 potongan tersebut menjadi 8 lembah di Flaming Mountain.

urqgwp9Pengukuran temperatur pada Gurun Lut dan Flaming Mountain dilakukan melalui Satelit, sedangkan pengukuran pada Death Valley dilakukan dengan termometer di tanah, karena ini beberapa orang berpendapat bahwa temperatur di Gurun Lut dan Flaming Mountain tidak valid. Ini menyebabkan Death Valleyu sering disebut sebagai tempat terpanas di dunia.

LEAVE A REPLY