Bom Bunuh Diri di 3 Gereja di Surabaya

Home Forum Politik Bom Bunuh Diri di 3 Gereja di Surabaya

Di-tag: 

Topik ini mengandung 0 balasan, memiliki 1 suara, dan terakhir diperbarui oleh  politik 9 bulan, 1 minggu yang lalu.

Melihat 1 tulisan (dari total 1)
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #31510

    politik
    Peserta

    Bom Surabaya terjadi di tiga gereja, pada Minggu (13/5). Bom bunuh diri ini menyebabkan puluhan orang terluka dan enam orang tewas. Tiga orang tewas di Gereja Santa Maria di daerah Ngagel Madya, sementara satu lainnya meninggal di Gereja Pantekosta Surabaya. Dua orang lagi tewas di Gereja GKI Diponegoro.

    Pengeboman di tiga gereja di Surabaya, di provinsi Jawa Timur Indonesia, saat misa Minggu pada tanggal 13 Mei, telah menyebabkan sedikitnya enam orang tewas dan banyak yang terluka, dengan serangan yang dilakukan oleh pelaku bom bunuh diri, menurut polisi.

    Tiga orang tewas di Gereja Santa Maria di daerah Ngagel Madya, di kota terbesar kedua dan tersibuk di Indonesia tersebut, sementara satu lainnya meninggal di Gereja Pantekosta Surabaya. Dua orang lagi tewas di Gereja GKI Diponegoro.

    Juru bicara Polda Jawa Timur Kolonel Frans Barung Mangera mengatakan kepada para wartawan, total 33 korban yang terluka dari serangan terseut telah dibawa ke rumah sakit.

    Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Machfud Arifin mengatakan kepada para wartawan di luar Gereja Santa Maria, bahwa menurut penyelidikan awal, serangan itu dilakukan oleh pelaku bom bunuh diri, yang secara terpisah menggunakan sepeda motor atau mobil.

    Inspektur Jenderal Machfud juga mengatakan bahwa di antara korban tewas di gereja Santa Maria terdapat seorang jemaah. Dia tidak memberikan informasi terbaru tentang korban di dua gereja lainnya.

    Serangan yang direncanakan terhadap gereja keempat—Gereja Katedral—digagalkan dengan penangkapan seorang pelaku bom yang dicurigai.

    “Semua elemen dengan cepat dikerahkan ke semua tempat penting, terutama tempat-tempat ibadah. Tiga gereja diserang. Polisi menangkap seseorang yang hendak menyerang target keempat, Gereja Katedral. Ia telah digagalkan,” kata wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana kepada radio Elshinta.

    Elshinta mengutip saksi mata dan penduduk setempat yang mengatakan bahwa pengeboman itu terjadi sekitar pukul 7 pagi.

    Rekaman video grafis dan foto-foto dari tempat pengeboman Gereja Santa Maria menunjukkan beberapa orang yang terluka berbaring telungkup di tanah, dan seorang anak laki-laki berlumuran darah. Jalan di luar gereja diblokir. Bom itu mungkin diledakkan di gerbang Gereja Santa Maria.

    Read More: Bom Bunuh Diri di 3 Gereja di Surabaya, 6 Orang Tewas

    • Topik ini diubah 9 bulan, 1 minggu yang lalu oleh  politik.
Melihat 1 tulisan (dari total 1)

Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.

Berita Lainnya

Ilustrasi. Penditeksi Tsunami. (Foto: Antara)

Alat Deteksi Dini Tsunami di Banten Sudah Kembali Terpasang

RILITAS.COM, Pandeglang - Pascatsunami di selat Sunda pada Desember 2018 lalu diketahui bahwa alat deteksi tsunami ternyata tidak berfungsi dan sebagian hilang. Tsunami yang tak terdeteksi...

Bawaslu: Bahaya Debat tanpa Pertanyaan Panelis

RILITAS.COM, Jakarta - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rahmat Bagja, mengingatkan sisi negatif pelaksanaan debat pilpres tanpa pertanyaan panelis. Menurut Bagja, keberadaan pertanyaan panelis diperlukan agar...

Jembatan Penghubung Jakarta dan Banten akan Dibangun

RILITAS.COM, Tangerang - Pemerintah Provinsi Banten dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Kementerian PUPR saat ini sedang melakukan testpile (uji tiang pancang) terhadap...